Minggu, 13 November 2011

Tip Atasi Hepatitis ala Menteri Kesehatan

TEMPO Interaktif, Jakarta - Virus hepatitis A yang merebak di beberapa wilayah Indonesia, khususnya Kota Depok, telah menimbulkan kekhawatiran dari berbagai pihak. Kementerian Kesehatan berupaya menyikapinya dengan menawarkan solusi penanganan penyebaran virus itu.

Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, menyatakan penanganan wabah hepatitis A harus dilakukan dengan berpedoman pada cara higiene dan sanitasi.

"Bukan dengan cara yang lain, tetapi penanganannya adalah (dengan cara) higiene dan sanitasi, baik itu higiene perorangan maupun sanitasi lingkungan," kata Endang usai memimpin upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-47, di Kementerian Kesehatan, Senin, 14 November 2011.

Seperti diketahui, virus hepatitis A belakangan ini merebak ke sejumlah sekolah di Kota Depok. Dalam dua pekan terakhir, penyakit hepatitis A telah menyerang 101 siswa dari SMKN 2 Depok dan dua siswa dari SMPN 9 Depok. Namun, belum ada penanganan serius dari pemerintah daerah.

Menurut Endang, hingga kini pihaknya sudah mengetahui penyebab dari merebaknya penyebaran virus hepatitis itu. "Tapi, sumbernya yang mana kami belum tahu," ujarnya.

Sejauh ini, tim yang diturunkan ke lapangan oleh Kementerian juga belum melaporkan sumber penyebab penyebaran virus itu. "Karena itu, darimana kasus pertamanya kami belum tahu," ucap Endang

Sumber : Tempointeraktif.Com

0 komentar:

Posting Komentar