Minggu, 20 November 2011

Jelang Final, Timnas Pulihkan Kondisi

Jakarta - Timnas Indonesia U-23 tak melahap menu latihan berat sehari jelang final sepakbola SEA Games XXVI melawan Malaysia. Mereka cuma melakukan pemulihan kondisi saja.

Kondisi fisik para pemain timnas benar-benar terkuras usai bertarung habis-habisan melawan Vietnam di semifinal, Sabtu (19/11/2011). Bahkan, ada pemain yang terkapar cedera dalam laga tersebut.

Pelatih Rahmad Darmawan menyadari betul hal tersebut. Dalam latihan pada Minggu (20/11/2011) sore WIB, dia pun lebih berfokus pada pemulihan kondisi pemainnya.

Tak seperti biasanya, latihan hari ini bertempat di sekitar kolam renang The Sultan Hotel tempat timnas menginap. Para pemain cuma melakukan peregangan, sesi permainan kecil, dan berjalan-jalan di sekitar kolam renang. Suasana keakraban, keceriaan, dan kegembiraaan pun sangat terasa di antara skuad 'Garuda Muda'.

"Hari ini kita cuma melakukan recovery training. Kalau sudah situasi seperti ini, istirahat akan lebih penting dari latihan," terang Rahmad.

"Ini cuma buat mengumpulkan mereka, membangun motivasi mereka, sambil mengecek kondisi fisik mereka. Siapa yang merasa masih kurang sehat, malam ini kita kasih treatment yang lebih pas sehingga bisa main besok. Kalau tetap tidak bisa, ya kita siapkan orang lain," tambahnya.

"Ini akan berkaitan erat dengan sistem of play yang akan kita mainkan, tergantung misalnya siapa pemain tengah yang siap, siapa pemain belakang yang kurang siap, dan sebagainya," sambung pria yang akrab disapa RD ini.

RD mengakui, Malaysia memang punya keunggulan dari sisi kebugaran. Tapi, dia sudah punya cara untuk menyiasati hal tersebut.

"Kalau kita bicara recovery, memang kalau kita komparasikan dengan Malaysia, kita kalah. Kalahnya, dia dua jam lebih dulu bermain (di semifinal), kemudian intensitas pertandingan Malaysia dan Myanmar tidak setinggi saat kita menghadapi Vietnam kemarin. Pasti berbeda energi yang dikeluarkan," jelasnya.

"Tapi, saya menginginkan itu bisa disiasati dengan dua hal. Pertama, melakukan fase recovery yang bagus, benar-benar sempurna. Kedua, efektivitas bermain. Dan yang paling penting adalah semangat bertanding yang biasanya akan bisa menutupi kelelahan ini" kata RD.

Di antara para pemainnya, RD menyebutkan bahwa Titus Bonai, Egi Melgiansyah, Mahardiga Lasut, dan Gunawan Dwi Cahyo masih mengalami kelelahan luar biasa. Namun, dia optimistis keempat pemain itu bisa main di final esok hari.

( mfi / krs ) 

Sumber : Detik Sport

0 komentar:

Posting Komentar