Selasa, 25 Oktober 2011

Askes Siap Back-up Kesehatan Gratis di Sulsel


Makassar, Upeks--PT Askes dan Pemprov Sulsel telah sepakat dalam pengelolaan program kesehatan gratis. Konsep kerjasamanya adalah penugasan. Kepala Regional PT Askes, dr Wahyu Handoko, mengatakan, pihaknya siap menjalankan apapun yang ditugaskan.
 
"Jumlah penduduk Sulsel yang akan mendapat pelayanan, sesuai dengan jumlah yang diajukan seluruh pemerintah daerah yang sebelumnya sudah diverifikasi Pemprov Sulsel," ujar dr Wahyu.
Ia mengungkapkan, anggaran yang sebelumnya dipatok PT Askes Rp5.000 per orang setiap bulan untuk pengobatan gratis bagi 14 jenis penyakit secara umum. Seperti yang tertuang dalam Perda Sulsel tahun 2008 tentang penyelenggaraan kesehatan gratis.
"Hal itu akan dibicarakan ulang. Namun, yang pasti PT Askes akan mengabdi kepada masyarakat Sulsel," ungkapnya.
Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Rachmat Latief, mengatakan, anggaran yang disiapkan Pemprov Sulsel untuk biaya pelayanan kesehatan gratis, berkisar Rp175 miliar. Namun, angka tersebut kemungkinan besar akan mengalami peningkatan. Sebab, jumlah penduduk Sulsel terus bertambah.
"Anggaran untuk program kesehatan gratis pada APBD Sulsel 2011 sebesar Rp174 miliar. Masing-masing Rp61 miliar digelontorkan ke RS milik pemprov dan Rp113 miliar ke seluruh RSUD dan 420 Puskesmas di 24 kabupaten/kota di Sulsel. Anggaran Rp175 Miliar tersebut untuk membiayai penduduk Sulsel sekitar Rp4,6 juta jiwa," terangnya.
Sisanya, lanjut Rachmat Latief, akan ditanggung Pemda/Pemkot. Sebab, jumlah anggaran yang ditanggung Pemprov Sulsel hanya 40%. Sedangkan, 60% merupakan kewajiban Pemda/Pemkot.
"Sebelumnya, yang sudah menyatakan siap, 17 daerah. Tujuh daerah lainnya, belum pasti. Tapi, kemungkinan, mereka juga sudah setuju. Hanya, karena kami belum menceritakan hal ini kepada mereka. Sementara yang sudah siap, sesuai petunjuk anggota dewan, persetujuan itu harus dituangkan dalam pernyataan tertulis," jelasnya. ()

Sumber : UPEKS ONLINE

0 komentar:

Posting Komentar